Promotion (Promosi)
Definisi
menurut Stanton adalah :“Promotion mix is the combination of operasional selling,
sales person, public relation. These are the promotional tools that help an organization
to achieve its marketing objective”.( Bauran promosi adalah kombinasi dari penjualan operasional, penjualan orang, humas. Ini adalah alat promosi yang membantu organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran
) Sedangkan
menurut Kotler yang dimaksud dengan promosi adalah : “Promotion includes all
the activities the company undertakes to communicate and promote its product
the target market”.( Promosi meliputi semua aktivitas perusahaan menyanggupi
untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk target
pasar
)
Menurut
Philip Kotler promotion tools didefinisikan sebagai berikut :
- Advertising (Periklanan)
Suatu
promosi barang atau jasa yang sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang
diketahui.
- Personal selling (Penjualan perorangan)
Penjualan
perorangan yang dilakukan oleh para wiraniaga yang mencoba dan membujuk untuk
melakukan penjualan sekaligus.
- Sales promotion (Promosi penjualan)
Suatu
kegiatan yang dimaksud untuk membantu mendapatkan konsumen yang bersedia
membeli produk atau jasa suatu perusahaan.
- Public relation (Publisitas)
Suatu
kegiatan pengiklanan secara tidak langsung dimana produk atau jasa suatu
perusahaan disebarluaskan oleh media komunikasi.
Place (Tempat atau distribusi)
Definisi
menurut Philip Kotler mengenai distribusi adalah : “The various the company
undertakes to make the product accessible and available to target customer”. (
Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah
diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran ). Keputusan penentuan lokasi dan
saluran yang digunakan untuk memberikan jasa kepada pelanggan melibatkan
pemikiran tentang bagaimana cara mengirimkan atau menyampaikan jasa kepada
pelanggan dan dimana hal tersebut akan dilakukan.
Ini
harus dipertimbangkan karena dalam bidang jasa sering kali tidak dapat ditentukan
tempat dimana akan diproduksi dan dikonsumsi pada saat bersamaan. Saluran
distribusi dapat dilihat sebagai kumpulan organisasi yang saling bergantungan
satu sama lainnya yang terlibat dalam proses penyediaan sebuah produk/pelayanan
untuk digunakan atau dikonsumsi. Penyampaian dalam perusahaan jasa harus dapat
mencari agen dan lokasi untuk menjangkau populasi yang tersebar luas.
Sebagai
salah satu variabel marketing mix, place / distribusi mempunyai peranan yang
sangat penting dalam membantu perusahaan memastikan produknya, karena tujuan
dari distribusi adalah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan
diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.
Manfaat
place dalam pemasaran
Pertama :
Konsumen mudah memperoleh produk Anda. Dengan banyaknya produk yang ada
dipasar, apalagi dengan banyaknya produk-produk substitusi, maka distribusi
yang direncanakan dengan baik dapat membantu produk tersebut tersebar dengan
cepat. Dengan demikian, maka konsumen akan mudah memperoleh produk tersebut di
pasar.
Coba
Anda renungkan, seandainya Anda mencari teh botol merek tertentu di suatu toko,
namun teh botol tersebut tidak ada, apakah Anda tidak jadi minum teh botol
tersebut ? Kemungkinan besar Anda akhirnya akan mengkonsumsi teh botol merek
lain.
Konsumen
mungkin cenderung mencari produk yang mudah diperoleh atau tidak mau
repot-repot mencari suatu produk tertentu ke tempat lain yang jaraknya agak
jauh atau memerlukan waktu lebih lama.
Kedua
:
Availaibility atau ketersediaan produk. Ketersediaan produk juga
mengandung makna ketersebaran produk. Jika produk tersedia di suatu outlet, itu
berarti produk tersebut terdistribusi lebih baik. Produk ada ‘di mana-mana’
sehingga mudah dicari konsumen. Teh botol sosro tersedia tidak saja di outlet
modern, tetapi juga ada di warung-warung bahkan sampai ‘menembus’ gang/
perkampungan.
Ketiga
: Impulse buying. Konsumen mungkin pada mulanya tidak berencana
membeli suatu produk, namun karena konsumen melihat produk tersbeut di toko,
timbul niat untuk membelinya. Misalnya, Anda makan di suatu rumah makan. Karena
melihat teh botol merek tertentu maka Anda menjadi ingin mengkonsumsi produk
tersebut.
Sumber
:
http://clix72.blogspot.com/2011/04/konsep-4p-dalam-pemasaran.html
http://wiryasaputra.blogspot.com/2009/07/place-dalam-marketing-mix.html
http://wiryasaputra.blogspot.com/2009/07/place-dalam-marketing-mix.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar