Pengertian
Harga (price)
Menurut Kotler (2001 : 439) harga
adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah
dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau
menggunakan produk atau jasa tersebut.
Berdasarkan definisi harga diatas
maka dapat disimpulkan harga adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh
konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa yang dibelinya guna memenuhi
kebutuhan dan keinginannya.
Tujuan Penetapan Harga
A. Mendapatkan
keuntungan sebesar-besarnya :
Dengan
menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang
optimal.
B. Mempertahankan
perusahaan :
Dari marjin
keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional
perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan listrik,
tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan lain
sebagainya.
C. Menggapai
ROI (Return on Investment) :
Perusahaan
pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan
sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali
/ roi.
D. Menguasai
Pangsa Pasar :
Dengan
menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan
perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran.
E. Mempertahankan
status quo :
Ketika
perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka perlu adanya pengaturan harga yang
tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada.
Cara / Teknik / Metode Penetapan Harga Produk
a.
Pendekatan Permintaan dan Penawaran (supply
demand approach)
Dari tingkat
permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium
price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang
diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah
yang ditawarkan.
b.
Pendekatan Biaya (cost oriented approach)
Menentukan
harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat
keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
c.
Pendekatan Pasar (market approach)
Merumuskan
harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel
yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik,
persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar